Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

IMG_8500

Frankfurt—Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Pascasarjana di Jerman (PERMIAN) menggelar sebuah seminar bertema “Adat Ninjuk: Orientation, Education and Social Change”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (14/11), di salah satu ruangan di Kampus Bockenheim Universitas Frankfurt.

Nolang Fanani, Wakil Ketua PERMIAN sekaligus mahasiswa doktor di Universitas Frankfurt, mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini tak lain adalah sebagai sebuah sarana maupun forum tukar pikiran serta gagasan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan. Terbukti, dinginnya udara di luar tak menyurutkan para peserta untuk datang dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

IMG_8507

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan PERMIAN. Tujuannya ialah untuk memperkaya wacana dan gagasan. Adapun mengenai topik, kita akan berusaha untuk menghadirkan topik yang beragam dan bernuasa lintas disiplin keillmuan,” ungkap Nolang.

IMG_8498

Seminar ilmiah namun santai kali ini menghadirkan narasumber Dr. Deden Makbuloh, seorang postdoctoral researcher. Pada kesempatan ini Dr. Deden membagi informasi berkenaan dengan topik penelitiannya mengenai Adat Ninjuk sebagai salah satu kearifan lokal yang masih ada dan bertahan di Indonesia.

Seminar ini dipandu oleh Eka Nada Shofa Alkhajar, Ketua PERMIAN Jerman selaku moderator yang juga merupakan mahasiswa doktor di Universitas Frankfurt. Acara pun berlangsung dengan santai dan disertai tanya-jawab hangat seputar topik yang disajikan narasumber. Tak jarang, lontaran maupun pertanyaan kritis pun mengemuka pada forum. [Humas PERMIAN Jerman]

Advertisements