Undangan

Undangan: Dokumentasi research summary dan portofolio mahasiswa postgraduate Indonesia di Jerman

Leipzig, 15 Oktober 2017

Kepada Yth.
Rekan Pelajar Pascasarjana Indonesia
di tempat

Assalamualaikum wr., wb. Salam Hangat dari Leipzig!

Pada hari Senin, 21 Agustus 2017 yang lalu, perwakilan PERMIAN berkesempatan untuk bertemu dan berdikusi dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (ATDIKBUD), Dr. rer. nat Ahmad Saufi. Dalam pertemuan tersebut, kami membahas bagaimana pelajar Pascasarjana Indonesia di Jerman dapat berkontribusi dalam hal ilmu pengetahuan dari apa yang sedang atau sudah dipelajari selama menempuh pendidikan Pascasarjana di Jerman. Hasil dari pertemuan tersebut adalah diadakannya suatu program untuk membuat dokumentasi research summary dan portofolio (academic curriculum vitae dan list of publication) mahasiswa Pascasarjana Indonesia di Jerman.

Adapun realisasi dari kegiatan tersebut diharapkan mencapai beberapa tujuan utama berikut ini:

  • Transfer of knowledge, khususnya dari penelitian yang sedang atau sudah kita kerjakan selama menempuh pendidikan Pascasarjana di Jerman. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu ”mengikis” kesenjangan ilmu pengetahuan antara Indonesia dan Jerman yang ada saat ini.
  • Sharing of knowledge and information. Kita tahu bahwa ada banyak mahasiswa pascasarjana Indonesia di Jerman. Namun, kita kurang mempunyai informasi mengenai penelitian yang dilakukan oleh kolega kita. Sehingga, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana berbagi ilmu pengetahuan dan informasi.
  • Collaboration and networking. Dengan adanya sharing ilmu pengetahuan dan informasi, tentu akan membuka jalan terciptanya kolaborasi dan pengembangan keilmuan. Sehingga akan terus tergali inovasi-inovasi baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Output :

Data yang terkumpul nantinya akan didokumentasikan dan dipublikasikan dalam bentuk hard copy (buku) dan soft copy yang berlisensi dan terindeks. Output ini nantinya akan didistribusikan kepada seluruh stakeholder pendidikan dan riset (universitas, lembaga riset, baik swasta maupun pemerintahan) yang ada di Indonesia dan Jerman.

Oleh karena itu, dengan segala hormat dan kerendahan hati kami memohon kesediaan teman-teman untuk berpartisipasi dan membantu merealisasikan program ini dengan cara mengirimkan research summary, academic curriculum vitae, dan list of publication-nya (*guideline dan contoh terlampir) ke alamat email: permian.contact@gmail.com dengan batas waktu sampai 16 November 2017.

Apresiasi :

Sebagai bentuk apresiasi, kontributor yang telah mengirimkan research summary dan portofolio-nya akan mendapatkan:

  1. Sertifikat apresiasi dari ATDIKBUD, Dr.rer.nat Ahmad Saufi.
  2. Hadiah bagi 5 research summary terbaik.

Tak lupa, kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari segala elemen dan organisasi kemahasiswaan Indonesia yang ada di Jerman, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Jerman baik pusat maupun cabang, FORMAL LPDP, forum-komunitas doktoran, dan lain sebagainya. Kami menyadari bahwa program ini akan dapat terlaksana dengan sukses atas dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak.

Demikian surat pengantar yang dapat kami sampaikan. Atas segenap dukungan, bantuan, dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr., wb.

Lampiran:
1. Guideline of research summary: summary_guideline
2. Contoh: example

*Technical note!!
Common mistake: Research summary yang dimaksud bukanlah abstract paper/thesis. Research summary bersifat general (e.g., motivation, significance, research activity).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s